Assalamu'alaikum Wr Wb Wq Selamat Datang di blog saya, semoga blog ini mempunyai manfaat yang berguna bagi yang telah mengunjungi blog saya ini, karena blog saya ini merupakan kumpulan dari tulisan saya, semua tulisan saya, daripada ide terpendam sia sia, jadi saya tuangkan ke dalam blog saya ini. Selain itu sengaja saya berikan daftar daftar informasi, sebagai acuan atau pedoman bagi pengunjung blog saya ini. Akhir kata, terima kasih telah berkunjung, dan memanfaatkan isi dari blog saya. Wa'alaikum salam Wr Wb Wq

BIODATA SAYA

Foto saya
CIMAHI - BANDUNG, JAWA BARAT, Indonesia

Sabtu, Januari 24, 2015

CERITA ASAL MULA KATA ANGEL ( MALAIKAT)


       Alkisah, pada jaman dahulu kala, saat pertama kali orang inggris datang ke Indonesia, tepatnya di tanah pulau jawa. Di ceritakan orang inggris itu ingin berjalan jalan melihat pemandangan tanah pulau jawa yang saat itu masih indah,dan untuk mempermudah perjalanannya supaya tidak tersesat, juga biar lancar semua halnya, orang inggris itu meminta bantuan salah satu orang jawa yang ada untuk mendampingi.   

        Setiap ada hal baru yang menarik perhatian orang inggris itu, pasti di tanyakan oleh orang inggris itu,, terkadang tanpa sungkan orang inggris mencobanya atau mempraktekkannya,, untuk mendapatkan ilmunya,, atau mencicipi masakan yang di temuinya, demi terpuaskan keingintahuannya.

       Alkisah,, intinya,, apapun pasti ditanyakan dan di coba oleh orang inggris itu,, terkadang di catat,, di dokumentasikan, atau di bawanya dengan maksud sebagai kenang kenangan atau bukti bila dia kembali ke negaranya nanti di inggris.

       Hingga pada suatu saat, ketika sedang berjalan jalan di perbukitan,, orang inggris itu melihat sesuatu yang terbang di langit,, tadinya di kira burung raksasa, tapi begitu diperhatikan ternyata mirip manusia tapi bersayap. Merasa orang inggris itu tidak pernah melihat manusia bersayap dan bisa terbang lagi di negaranya, akhirnya dengan penuh rasa ingin tahu, dia bertanya ke orang jawa yang mendampinginya selama ini sambil menunjuk ke manusia bersayap yang sedang terbang itu.

Orang Inggris (OI): “Hei Teman,, apakah itu? Kenapa dia mirip kita, tapi mempunyai sayap dan bisa terbang? Apakah orang jawa ada yang bisa seperti itu?”

Orang Jawa (OJ) Melihat ke manusia bersayap itu, dia pun heran, karena selama ini dia juga tidak pernah melihatnya,, baru sekali itu melihatnya, tapi demi tidak mau mengecewakan tamunya, akhirnya dia menjawab.

OJ:   “Oh,,itu, kalau seperti itu,,  itu angel (Maksudnya sulit alias susah,)
OI:   “Oh… Angel,, I see,, I see,,, 
OJ:   “ Yes,, it`s angel,, seperti itu angel banget, sir. “
OI:   ”Angel,,, Angel,,,, Angel”….

       Akhirnya, Setelah selesai urusannya di Indonesia alias di pulau jawa, orang inggris itupun kembali ke negaranya, dan dia pun memamerkan barang bawaannya ke teman temannya,, juga tidak lupa mempraktekkan semua ilmunya ke seluruh temannya yang di undang ke rumahnya. Saat sedang asyik berbicara di hadapan seluruh temannya,, tiba tiba dia melihat lagi manusia bersayap sedang terbang di langit, spontan dia teriak teriak sambil menunjuk ke langit.

OI: “It,s angel,, it`s angel,, it`s angel… (Di ulang ulangnya terus sambil menunjuk ke langit,, tapi karena tidak bisa mengucapkan angel dalam bahasa jawa,, karena logatnya,, dia menyebutnya anjel )

       Nah,!!!, sejak saat itu,, hingga saat ini,, mereka orang inggris menyebut malaikat dengan kata “ANGEL” padahal maksudnya orang jawa yang menunjukkan,saat itu, itu bukan angel berarti malaikat,, tapi maksudnya angel alias kalau terbang seperti itu sulit alias susah dilakukan, ha hay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Assalamu alaikum
Terimakasih sudah membaca tulisan saya, saya akan senang sekali bila anda bersedia untuk memberikan komentar atas tulisan saya, untuk perbaikan tulisan saya.
Wa alaikum salam